Pemrograman Java 1 Pertemuan 10

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

Parameter
}  Sepeda akan berguna apabila ada object lain yang berinterasi dengan sepeda tersebut
}  Object software berinteraksi dan berkomunikasi dengan object lain dengan cara mengirimkan message atau pesan
}  Pesan adalah suatu method, dan informasi dalam pesan dikenal dengan nama parameter


Pengiriman Pesan dan Parameter




1.   You                   à object pengirim
2.   YourBicycle     à object penerima
3.   changeGears   à pesan berupa method yang dijalankan
4.   lowerGear       àparameter yang dibutuhkan method (pesan) untuk dijalankan







Variasi Tampilan
void pertambahan(int a, int b){
         System.out.println(a + “ + “ + b + “ = “ + (a+b))
}
void pertambahan(int a, int b){
         System.out.println(“Hasil = “ + (a+b))
}
void pertambahan(int a, int b){
         int hasil = a + b;
          System.out.println(“Hasil = “ + hasil)
}


Jenis Method: Mutator dan Accessor


}  Method Accessor
}  digunakan untuk membaca value (variabel) dari class.

}  ditulis dengan menggunakan sintaks berikut:
}   
}                   get<NameOfInstanceVariable>
}  dapat me-return value.

}  Method Mutator
}  digunakan untuk menulis atau mengubah value (variabel) dari class.

}  Ditulis dengan menggunakan sintaks berikut:
}                   set<NameOfInstanceVariable>

Sepeda.java
public class Sepeda{
                 int gir;
        
         // method (mutator) dengan parameter
         void setGir(int pertambahanGir) {
                  gir= gir+ pertambahanGir;
         }
         // method (accessor)
         int getGir() {
                  return gir;
         }
}

SepedaBeraksi.java
public class SepedaBeraksi{
                 public static void main(String[] args) {
                 Sepeda sepedaku = new Sepeda();
             
                          sepedaku.setGir(1); // menset nilai gir = 1 (sebelumnya 0)
                          System.out.println(“Gir saat ini: “ + sepedaku.getGir());
                          sepedaku.setGir(3); // menambahkan 3 pada posisi gir saat ini (1)                                                                                                 System.out.println(“Gir saat ini: “ + sepedaku.getGir());
                 }
}

Konstruktor  -1-
}  Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan
}  Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat instan class
}  Sifat konstruktor:
     Nama konstruktor sama dengan nama class
     Tidak memiliki nilai balik dan tidak boleh ada kata kunci void


Konstruktor  -2-





Kata Kunci this
Digunakan pada pembuatan class dan digunakan untuk menyatakan object sekarang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pemrograman Java 1 Pertemuan 12

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Polymorphism }   Kemampuan untuk memperlakukan object yang memiliki perilaku (bentuk) ya...