Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
} Pengertian
do-while
Struktur do-while sebenarnya
tidak beda jauh dengan while. Perbedaannya hanyalah terletak pada penempatan
kondisinya saja. Pada while kondisi diletakan di awal blok pengulangan sedangka
pada do-while kondisinya berada di akhir blok. Jadi pada proses pengulangan
do-while akan dilakukan minimal sekali meskipun ternyata kondisinya tidak
terpenuhi atau bernilai false.
} syntaks
umum DO-WHILE kurang
lebih seperti di bawah ini:
} do{
// instruksi
}while (kondisi);
// instruksi
}while (kondisi);
} kita
lihat contoh
program di bawah ini :
} class
lat111{
} public
static void main(String[] args){
} int
jumlah = 100;
} do{
} System.out.print(jumlah);
} jumlah++;
} }
} while(jumlah
<=10);
} }
} }
} jika program
tersebut dijalankan, maka akan menghasilkan keluaran 100, artinya walaupun
kondisi salah, namun minimal isi instruksi akan dijalankan sekali, hali ini
dikarenakan proses do-while berbeda dengan while, dimana do-while pertama
melakukan instruksi baru mengecek kondisi, sedangkan while pertama mengecek
kondisi baru melakukan instruksi.
Attribute:
Topi, Baju, Jaket,
Tas Punggung,
Tangan, Kaki, Mata
Tangan, Kaki, Mata
Behavior:
Cara Jalan ke
Depan
Cara Jalan Mundur
Cara Belok ke
Kiri
Cara Memanjat
Attribute (State):
Ban, Stir, Pedal Rem, Pedal Gas,
Warna, Tahun Produksi
Warna, Tahun Produksi
Behavior:
Cara Menghidupkan
Mesin
Cara Manjalankan
Mobil
Cara Memundurkan
Mobil
Attribute à
Variable(Member)
Behavior à
Method(Fungsi)
Perbedaan Class dan Object
} Class: konsep dan deskripsi dari sesuatu
◦
Class mendeklarasikan method yang dapat
digunakan (dipanggil) oleh object
} Object: instance
dari class, bentuk (contoh) nyata dari class
◦
Object memiliki sifat independen dan
dapat digunakan untuk memanggil method
} Contoh
Class dan Object:
◦
Class: mobil
◦
Object: mobilnya pak Joko, mobilku,
mobil berwarna merah
} Class
seperti cetakan kue, dimana kue yg dihasilkan dari cetakan kue itu adalah object
Warna kue bisa bermacam-macam meskipun berasal dari
cetakan yang sama (object memiliki sifat)
Class = Method + Variable
Object = Method + Variable yg Memiliki Nilai
Attribute
} Variable yang
mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object
} Variable
digunakan untuk menyimpan nilai yang nantinya akan digunakan pada program
} Variable
memiliki jenis (tipe), nama dan nilai
} Name, age, dan weight adalah
atribute (variabel) dari class Person
Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut
Method
} Method adalah urutan
instruksi yang mengakses data dari object
} Method
melakukan:
1. Manipulasi
data
2. Perhitungan
matematika
3. Memonitor
kejadian dari suatu event
Membuat dan Memanggil Method
Tidak ada komentar:
Posting Komentar