Pemrograman Java 1 Pertemuan 6


Dasar Java (Jcreator)

Perulangan (looping)

Perulangan ( looping ) adalah suatu proses didalam  program  yang dapat mengeksekusi beberapa statement yang sama dengan berulang-ulang sampai ada kondisi untuk berhenti.
Terdapat beberapa jenis perulangan pada Java, yaitu :

}   for
}   while
}   do-while

     Pengertian for

Struktur for pada umumnya digunakan untuk pengulangan yang banyaknya sudah diketahui sebelumnya. Proses pengulangan akan terus berjalan selama kondisi bernilai true, dan jika bernilai false maka proses pengulangan akan dihentikan secara otomatis.

}  syntaks umum FOR kurang lebih seperti di bawah ini:
for(i = batas bawah; i = batas atas; i++){
}       Statement;
}    }

    Keterangan :
}  i adalah sebuah nama variabel yang bisa diganti sesuka hati
}  ++ (increment) atau -- (decrement).
}       Fungsi increment adalah, sebuah fungsi yang akan selalu menambahkan nilai 1 pada variabel yang dikenai oleh fungsi tersebut. Dalam kasus di atas, variabel yang dikenai oleh fungsi increment adalah variabel i, dan fungsi decrement adalah sebaliknya.
}  kita lihat contoh program di bawah ini :
}  class FungsiFOR{
}  public static void main(String[] args){
}  int i;
}  for(i=1; i<=10; i++){
}  System.out.println("Hasil Fungsi FOR ke - "+i);
}  }
}  }
}  }
}  Cara Kerja Program :
}  int i;

      Proses pendeklarasian variabel yang akan kita gunakan dalam program. Semua variabel yang akan  digunakan harus dideklarasikan terlebih dahulu. Dalam kasus kali ini, kita hanya membutuhkan 1 variabel saja yaitu variabel i, maka yang kita deklarasikan pun cuma 1 variabel saja.

}  for(i=1; i<=10; i++){
}          Variabel i yang sudah dideklarasikan tadi di atas, akan langsung dimasukkan ke dalam perulangan. Pada kasus kali ini, perulangan diberikan nilai awal = 1 dan nilai akhir <= 10 (Kurang dari atau sama dengan 10). Oleh karena itu, perulangan akan tetap dijalankan selama variabel i kurang dari sama atau dengan 10.
}  System.out.println("Hasil Fungsi FOR ke - "+i);
}            Akan menampilkan tulisan "Hasil Fungsi FOR ke -  ....." ke layar monitor . Titik titik (.....) akan diisi oleh nilai i. Jika pada perulangan pertama, maka titik titik tersebut akan bernilai 1, dan pada perulangan kedua titik titik akan diisi oleh angka 2, dan begitu seterusnya hingga perulangan ke 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pemrograman Java 1 Pertemuan 12

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Polymorphism }   Kemampuan untuk memperlakukan object yang memiliki perilaku (bentuk) ya...